Judul
Skripsi :
“Peran Strategi Pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan,
Ulangi, dan Rayakan) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2
Pangkajene Kabupaten Pangkep”.
Bidang Penelitian :
Pendidikan
Penulis :
Nasriani, Jurusan Fisika FMIPA UNM 2011
Skripsi
ini dibiayai oleh Indonesia Managing Higher Education for Relevance and
Efficiency (I_MHERE). Research Grant No.:341/I_MHERE-IV/B1/UNM/X/2014.
ABSTRAK
Abstrak skripsi tersebut menyebutkan
jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni quasi eksperimen dengan
desain penelitian posttest. Pada abstrak terdapat pula subjek populasi yakni
seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pangkajene, tata cara pengambilan sampel melalui
penunjukan secara langsung, maupun pengolahan data dengan menggunakan dua
teknik statistik yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis
inferensial. Selain itu, dari uji hipotesis satu pihak penulis memaparkan di
dalam abstrak bahwa hasil belajar fisika siswa lebih tinggi dengan menggunakan
strategi TANDUR daripada yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Pada akhir abstrak terdapat kata kunci. Skripsi Nasriani tersebut, yang
diajukan kepada Prodi Pendidikan Fisika Jurusan fisika FMIPA UNM untuk memenuhi
sebagian persyaratan guna memperoleh gelar sarjana pendidikan berisi pula
abstrak dalam bahasa Inggris.
KATA PENGANTAR
Kata
pengantar skripsi tersebut, memuat ucapan puji syukur kepada Allah Swt., atas
terselesaikannya skripsi sebagai tugas akhir dan alasan penulisan skripsi. Pada
bagian ini juga terdapat ucapan shalawat kepada Rasulullah. Selain ucapan puji
syukur, dalam kata pengantar juga terdapat ucapan terima kasih kepada pihak
yang membantu mulai dari orang tua penulis, saudara, kerabat, pembimbing
akademik, pembimbing skripsi, rektor, dekan, ketua jurusan, sekretaris jurusan,
kepala prodi pendidikan fisika, kepala laboratorium, dosen, staf tata usaha,
kepala sekolah SMAN 2 Pangkajene, sahabat-sahabat penulis, rekan mahasiswa,
hingga teman satu kosannya.
Setelah
kata pengantar, pada skripsi tersebut terdapat:
· daftar
isi yang berisi semua bagian dari skripsi mulai dari halaman judul sampai
lampiran,
· daftar
lampiran yang digunakan,
· daftar
tabel, serta;
· daftar
gambar.
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Latar belakang berisi permasalahan pendidikan
karena kurangnya relevansi pendidikan dengan dunia kerja dan pengelolaan
pendidikan yang tidak efektif. Memuat pula, program pemerintah dalam
meningkatkan mutu pembelajaran serta hasil studi pendahuluan yang dilakukan
peneliti di kabupaten Pangkajene. Penulis memaparkan hasil pembelajaran di
sekolah tersebut tiga tahun terakhir. Berdasarkan observasi yang dilakukannya
selama PPL di SMAN 2 Pangkajene, hasil ulangan harian siswa 62,61% dimana
kurang dari KKM sekolah tersebut.
Penulis juga memaparkan beberapa hal
tentang masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di
latar belakang. Kelemahan strategi penggunaan ekspositori di sekolah tersebut
juja dipaparkan oleh penulis. Berlanjut pada cara peningkatan hasil belajar siswa
dengan menentukan strategi yang tepat yang harus disesuaikan dengan tujuan
pembelajaran dan sifat materi yang akan diajarkan. Penulis juga mulai
memaparkan solusi untuk mengatasi kendali yang ada dengan metode TANDUR yang
merupakan model quantum learning yang dikenalkan Bobbi R. Mengakhiri tulisannya
dilatar belakang, penulis mengajukan judul dan harapan terhadap penelitiannya.
B.
Batasan
Masalah
Batasan masalah pada skripsi tersebut
tertulis peranan strategi pembelajaran TANDUR yang membatasi masalah hanya pada
hasil belajar Fisika dalam ranah kogneitif.
C.
Rumusan
Masalah
Rumusan masalahnya ada 3 yaitu:
1. Seberapa
besar hasil belajar siswa dengan strategi TANDUR,
2. Seberapa
besar hasil belajar siswa dengan strategi ekspositori,
3. Apakah
hasil belajar dengan strategi TANDUR signifikan lebih besar dari strategi
ekspositori.
D.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian terdapat tiga poin
pula karena untuk mengetahui hal yang terdapat dalam rumusan masalah.
E.
Manfaat
Penelitian
1. Bagi
sekolah : terutama bagi kepala sekolah,
guru fisika dan pengelola laboratorium.
2. Bagi
guru : untuk perbaikan strategi
pembelajaran.
3. Bagi
peneliti : latihan penulisan karya tulis
ilmiah.
BAB II TINAJUAN PUSTAKA
A.
Deskripsi
Teori
1. Hakikat
Pembelajaran Fisika
Pada bagian ini, penulis hanya sedikit
menulis tentang tujuan sains dan ilmu pengetahuan serta pembelajaran fisika.
2. Pengertian
Belajar dan Pembelajaran
Penulis mengawali dengan mendefinisikan
belajar menurut para ahli, mulai dari fisuf hingga ahli pendidikan. Kemudian,
penulis menyimpulkan bahwa belajar merupakan proses perubahan kognitif,
psikomotorik, dan afektif yang bermakna pada diri pembelajar dan melibatkan
pancaindera dalam melakukan pembelajaran. Selanjutnya pada poin kedua, penulis
hanya memberikan pengertian pembelajaran menurut seorang ahli.
3. Pengertian
Strategi Pembelajaran
Penulis menjelaskan tentang pengertian
strategi pembelajaran menurut para ahli, perbedaan strategi, metode, dan
teknik. Selain itu, menjelakan tentang hubungannya antara strategi, metode dan
taknik. Pada bagian ini, penulis hanya menggunakan sebuah buku referensi.
4. Beberapa
Strategi Pembelajaran
a. Jenis-jenis
strategi pembelajaran
Pertama-tama penulis menggunakan
pendapat Rowntree yang terdapat dalam buku Sanjaya yang terbagi atas:
-
strategi exposition
-
strategi individual
-
strategi kelompok
-
strategi TANDUR
-
serta strategi ekspositori
b. Strategi
TANDUR dalam pembelajaran fisika
Pertama, penulis mengenalkan secara umum
konsep strategi TANDUR yang dikutipnya dari DePorter. Kemudian, menjelaskan
masing-masing tahap dalam strategi TANDUR mulai dari tumbuhkan, alami, namai,
demonstrasikan, ulangi hingga rayakan. Selanjutnya, penulis menyimpulkan
strategi pembelajaran TANDUR yang meliputi lima langkah.
c. Strategi
Ekspositori dalam pembelajaran fisika
Seperti sebelumnya, penulis mengutip secara
umum strategi ekspositori yang kemudian menambahkan beberapa langkah-langkah
pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut. Penulis menjelakan tentang tahapan
persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan mengaplikasikan strategi
ekspositori tersebut. Pada poin kedua, penulis mengembangkan keunggulan dan
kelemahan ekspositori yang dikutip dari satu referensi buku saja.
5. Hasil
Belajar
Pertama-tama penulis menjelaskan
pengertian dari hasil belajar berdasarkan Gangne dan menyimpulkan bahwa hasil
belajar merupakan pengalaman-pengalaman belajar yang diperoleh siswa dalam
bentuk kemampuan-kemampuan tertentu. Kedua, penulis memaparkan tentang tes
hasil belajar. Selain itu, penulis juga memaparkan gambaran keluaran hasil
beajar strategi TANDUR yang memberikan prestasi belajar.
6. Penelitian
Terdahulu
Disini, penulis memberikan 2 jenis
penelitian terdahulu yakni diadakan oleh Aris pada tahun 2010 yang mana hasil
pembelajaran TANDUR lebih efisien dan efektif jika pada kelompok yang tidak
terlalu banyak (3 – 4 orang). Demikian pula penelitian oleh Eko tahun 2006 yang
menyimpulkan bahwa kinerja guru istimewa dan siswa menyatakan menyukai tindakan
kelas. Selain itu, hadiah atau lagu-lagu di akhir kegiatan sangat disukai oleh
siswa.
B.
Kerangka
Pikir
Kerangka pikir berisi tentang hasil
belajar kaitanyya dengan pihak yang dirugikan akibat kualitas pembelajaran yang
kurang, penerapan strategi ekspositori yang memiliki banyak kelemahan. Selain
itu, penulis juga menjelaskan langkah strategi TANDUR sebanyak 6 langkah,
padahal sebelumnya penulis memaparkan terdapat 5 strategi saja. Penulis
memaparkan bahwa penerapan TANDUR menjadikan siswa lebih termotivasi dan
cenderung pengaktifan diri. Penulis juga memberikan diagram kerangka pikirnya.
C.
Hipotesis
Dari tinjauan pustaka dan kerangka pikir
maka peneliti mengemukakan hipotesis “Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep lebih besar dengan menggunakan strategi
TANDUR daripada strategi ekspositori.”
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Jenis
dan Lokasi
1. Jenis
Penelitian
Eksperimen
semu (Quasi Experimental Design)
2. Lokasi
Penelitian
Lokasi
di SMA Negeri 2 Pangkajene Kab. Pangkep
B.
Variabel
dan Desain Penelitian
1. Variabel
Penelitian
a. Variabel
bebas : strategi pembelajaran tandur
dan strategi pembelajaran ekspositori.
b. Variabel
tidak bebas : hasil belajar fisika
2. Desain
Penelitian
Jenis penelitian kategori eksperimen
semu dengan desain penelitian yang digunakan posttes (Nonequivalent Control Group Design).
X O1 TANDUR
- O2 Ekspositori
C. Devinisi Operasional
Isi dari bagian ini, penulis hanya
menuliskan penjelasan tentang definisi konseptual variabel. Devisi konseptual
variabel yakni TANDUR dan ekspositori dilanjutkan dengan devinisi operasional
ariabel yaitu hasil belajar Fisika.
D.
Populasi
dan Sampel Penelitian
Pada bagian ini, penulis menuliskan
populasi yang diteliti yaitu seluruh kelas X SMAN 2 Pangkajene, sebanyak 5
kelas dan 120 orang. Sampel dalam penelitiannya ialah kelas X Isaac Newton
sebagai kelas eksperimen dan BJ Habibie sebagai kelas kontrol. Dipilih karena
sekolah tersebut tidak ada kelas unggulan atau kelas akseleerasi.
E.
Teknik
Pengumpulan Data
1. Instrumen
Penelitian
Penulis menggunakan instrumen penelitian
berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk objektif tes (pilihan ganda) yang
terlebih dahulu diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes
sebelum digunakan. Penyusunan instrumen tersebut dimulai dari penyusunan
kisi-kisi dan penulisan butir soal. Butir soal yang sudah disusun kemudian
ditelaah oleh guru fisika SMAN 2 Pangkajene. Dari hasil telaah tersebut, butir
soal sebanyak 40 nomor kemudian direvisi, diuji coba dan ditentukan validitas
dan reliabilitasnya.
2. Uji
Validitas
Penulis menggunakan persamaan korelasi
Point Biserial dalam menguji validitas setiap item soal. Pada bagian ini, juga
menuliskan perolehan soal yang valid dan tidak valid.
3. Reliabilitas
Penulis menggunakan metode
Kuder-Richardson 20 (KR20) untuk mengetahui reabilitas tes yang digunakan.
Penulis juga mencantumkan tingkat reliabilitass tes yang digunakan.
4. Tahap-tahap
Pelaksanaan Penelitian
Bagian ini, penulis memaparkan 2 tahapan
yaiki tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan, penulis
melakukan:
-
observasi pada lokasi penelitian
-
mengurus persuratan
-
proses konsultasi dengan pembimbing
-
pembuatan RPP
-
pembuatan instrumen penelitian
Pada tahapan pelaksanaan hal-hal yang
dilakukan yaitu konsultasi dengan guru bidang studi dan kepala sekolah mengenai
strategi pembelajaran TANDUR serta proses belajar mengajar.
F.
Teknik
Analisis Data
1. Analisis
Deskriptif
Pada tahapan ini, penulis menjelaskan
fungsi analisis deskriptif yang digunakan serta memberikan kategori hasil
belajar menurut Suharsimi A.
2. Analisis
Inferensial
Penulis menggunakan teknik ini untuk
mengetahui rata-rata populasi penelitian. Kemudian, penulis memberikan fungsi
dan persamaan dalam pengujian hipotesis yaitu:
-
uji normalitas
-
uji homogenitas
-
uji hipotesis
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil
Penelitian
1. Analisis
Deskriptif
a. Kelas
Kontrol
Penulis menggambarkan hasil belajar
fisika siswa yang ditunjukkan dalam tabel yang berisi skor maksimum, minimum,
rata-rata, rentang skor, standar deviasi, dan skor ideal. Kemudian,
menginterpretasi hasil yang diperoleh dan menuliskan persentase ketuntasan
belajar.
b. Kelas
Eksperimen
Pada bagian ini penulis juga
menggambarkan hasil belajar siswa seperti pada bagian kelas kontrol di atas.
c. Perbandingan
Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen
Pada bagian ini, penulis membandingkan
hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam sebuah grafik dan
memberikan penjelasan mengenai grafik tersebut.
2. Analisis
Inferensial
Pada bagian ini, penulis menjelaskan
tujuan dan hasil dari pengujian hipotesis baik menggunakan pengujian secara
normaltas dan homogenitas kemudian menyimpulaknnya.
d. Pengujian
hipotesis
Pada bagian ini, penulis meyimpulkan
bahwa dari pengujian normalitas dan homogenitas kelas kontrol dan eksperimen
mempunyai populasi yang normal dan homogen. Kemudian menjelaskan diterimanya
atau ditolaknya hipotesis H1. Ternyata hipotesisnya diterima.
B.
Pembahasan
Penulis menjelaskan bahwa strategi
pembelajaran perlu. Penulis juga membahas sedikit tentang strategi yang
diajukannya. Selanjutnya penulis mulai membahas hasil belajar berdasarkan
analisis deskriptif yang telah dilakukannya.
Penulis
menjelaskan hasil belajarnya dalam kelompok. Selanjutnya penulis menjelaskan
hasil belajar pada kelas eksperimen tentang persentase kelulusan dari nilai
KKM. Selanjutnya menyimpulakan dan menghubungkan dengan interval dari yang
diberikan.
Penulis menjelaskan tentang hasil
perhitungan dasar analisis skor awal untuk mengetahui kemampuan dari kelas
kontrol dan kelas eksperimen.
Penulis
menggunakan perhitungan hasil belajar untuk mengetahui hasil dari strategi yang
diterapkan dan mengatakan bahwa strategi pembelajaran TANDUR berperan dalam
hasil belajar fisika.
Selanjutnya, pulis menjelaskan tentang
penerapan TANDUR dari pengamatannya selama meneliti dan mengaitkan motivasi
dalam hasil eksperimennya. Kembali penulis menjelaskan proses belajar mengajar
yang dilakukannya kemudian meyimpulkan tentang TANDUR dari para ahli yang telah
melakukan penelitian sebelumnya.
Penulis memberikan alternatif berupa
pembelajaran TANDUR untuk mencapai hasil yang bagus di SMAN 2 Pangkajene.
BAB
V PENUTUP
A.
Simpulan
Penulis menyimpulkan sesuai dengan poin
pada tujuan yang dikemukakan sebelumnya.
B.
Saran
Penulis memberikan saran kepada guru pelajaran
lain untuk menerapkan strategi TANDUR. Memperhatikan sesuai sifat,
karakteristik keilmuannya dalam meningkatkan belajar siswa. Serta untuk
peneliti selanjutnya dapat mengembangkan perangkat strategi pembelajaran
TANDUR.
DAFTAR
PUSTAKA
Daftar
pustaka sesuai dengan yang diterapkan di institusi UNM
LAMPIRAN
Berisi:
-
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
-
Lembar Kerja Siswa (LKS)
-
Instrumen pengambilan data
-
Data skor hasil belajar
-
Analisis statistik deskriptif
Pada
akhir lampiran terdapat rancangan biaya penelitian yang terdiri atas:
-
Biaya operasional
-
Biaya Bahan, alat, dan perlengkapan
-
Biaya Laporan hasil penelitian
-
Biaya seminar
Penulis
juga melampirkan surat balasan dari Research
Grant Pendidikan Fisika dan Student
Grant Prodi Fisika sebagai lembaga yang membiayai penelitian tersebut.
No comments:
Post a Comment