Pages

Friday, 6 May 2016

Contoh Kajian/ Review/ Rangkuman Skripsi Pendidikan Fisika



Judul Skripsi                        : “Peran Strategi Pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep”.
Bidang Penelitian                 : Pendidikan
Penulis                                   : Nasriani, Jurusan Fisika FMIPA UNM 2011
Skripsi ini dibiayai oleh Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (I_MHERE). Research Grant No.:341/I_MHERE-IV/B1/UNM/X/2014.
ABSTRAK
            Abstrak skripsi tersebut menyebutkan jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest. Pada abstrak terdapat pula subjek populasi yakni seluruh siswa kelas X SMAN 2 Pangkajene, tata cara pengambilan sampel melalui penunjukan secara langsung, maupun pengolahan data dengan menggunakan dua teknik statistik yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Selain itu, dari uji hipotesis satu pihak penulis memaparkan di dalam abstrak bahwa hasil belajar fisika siswa lebih tinggi dengan menggunakan strategi TANDUR daripada yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Pada akhir abstrak terdapat kata kunci. Skripsi Nasriani tersebut, yang diajukan kepada Prodi Pendidikan Fisika Jurusan fisika FMIPA UNM untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh gelar sarjana pendidikan berisi pula abstrak dalam bahasa Inggris.
KATA PENGANTAR
            Kata pengantar skripsi tersebut, memuat ucapan puji syukur kepada Allah Swt., atas terselesaikannya skripsi sebagai tugas akhir dan alasan penulisan skripsi. Pada bagian ini juga terdapat ucapan shalawat kepada Rasulullah. Selain ucapan puji syukur, dalam kata pengantar juga terdapat ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu mulai dari orang tua penulis, saudara, kerabat, pembimbing akademik, pembimbing skripsi, rektor, dekan, ketua jurusan, sekretaris jurusan, kepala prodi pendidikan fisika, kepala laboratorium, dosen, staf tata usaha, kepala sekolah SMAN 2 Pangkajene, sahabat-sahabat penulis, rekan mahasiswa, hingga teman satu kosannya.
Setelah kata pengantar, pada skripsi tersebut terdapat:
·       daftar isi yang berisi semua bagian dari skripsi mulai dari halaman judul sampai lampiran,
·       daftar lampiran yang digunakan,
·       daftar tabel, serta;
·       daftar gambar.
BAB I   PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Latar belakang berisi permasalahan pendidikan karena kurangnya relevansi pendidikan dengan dunia kerja dan pengelolaan pendidikan yang tidak efektif. Memuat pula, program pemerintah dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di kabupaten Pangkajene. Penulis memaparkan hasil pembelajaran di sekolah tersebut tiga tahun terakhir. Berdasarkan observasi yang dilakukannya selama PPL di SMAN 2 Pangkajene, hasil ulangan harian siswa 62,61% dimana kurang dari KKM sekolah tersebut.
Penulis juga memaparkan beberapa hal tentang masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di latar belakang. Kelemahan strategi penggunaan ekspositori di sekolah tersebut juja dipaparkan oleh penulis. Berlanjut pada cara peningkatan hasil belajar siswa dengan menentukan strategi yang tepat yang harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan sifat materi yang akan diajarkan. Penulis juga mulai memaparkan solusi untuk mengatasi kendali yang ada dengan metode TANDUR yang merupakan model quantum learning yang dikenalkan Bobbi R. Mengakhiri tulisannya dilatar belakang, penulis mengajukan judul dan harapan terhadap penelitiannya.
B.      Batasan Masalah
Batasan masalah pada skripsi tersebut tertulis peranan strategi pembelajaran TANDUR yang membatasi masalah hanya pada hasil belajar Fisika dalam ranah kogneitif.
C.      Rumusan Masalah
Rumusan masalahnya ada 3 yaitu:
1.     Seberapa besar hasil belajar siswa dengan strategi TANDUR,
2.     Seberapa besar hasil belajar siswa dengan strategi ekspositori,
3.     Apakah hasil belajar dengan strategi TANDUR signifikan lebih besar dari strategi ekspositori.
D.      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian terdapat tiga poin pula karena untuk mengetahui hal yang terdapat dalam rumusan masalah.
E.      Manfaat Penelitian
1.     Bagi sekolah  : terutama bagi kepala sekolah, guru fisika dan pengelola laboratorium.
2.     Bagi guru       : untuk perbaikan strategi pembelajaran.
3.     Bagi peneliti  : latihan penulisan karya tulis ilmiah.

BAB II TINAJUAN PUSTAKA
A.      Deskripsi Teori
1.     Hakikat Pembelajaran Fisika
Pada bagian ini, penulis hanya sedikit menulis tentang tujuan sains dan ilmu pengetahuan serta pembelajaran fisika.
2.     Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Penulis mengawali dengan mendefinisikan belajar menurut para ahli, mulai dari fisuf hingga ahli pendidikan. Kemudian, penulis menyimpulkan bahwa belajar merupakan proses perubahan kognitif, psikomotorik, dan afektif yang bermakna pada diri pembelajar dan melibatkan pancaindera dalam melakukan pembelajaran. Selanjutnya pada poin kedua, penulis hanya memberikan pengertian pembelajaran menurut seorang ahli.
3.     Pengertian Strategi Pembelajaran
Penulis menjelaskan tentang pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli, perbedaan strategi, metode, dan teknik. Selain itu, menjelakan tentang hubungannya antara strategi, metode dan taknik. Pada bagian ini, penulis hanya menggunakan sebuah buku referensi.
4.     Beberapa Strategi Pembelajaran
a.      Jenis-jenis strategi pembelajaran
Pertama-tama penulis menggunakan pendapat Rowntree yang terdapat dalam buku Sanjaya yang terbagi atas:
-        strategi exposition
-        strategi individual
-        strategi kelompok
-        strategi TANDUR
-        serta strategi ekspositori
b.     Strategi TANDUR dalam pembelajaran fisika
Pertama, penulis mengenalkan secara umum konsep strategi TANDUR yang dikutipnya dari DePorter. Kemudian, menjelaskan masing-masing tahap dalam strategi TANDUR mulai dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi hingga rayakan. Selanjutnya, penulis menyimpulkan strategi pembelajaran TANDUR yang meliputi lima langkah.
c.      Strategi Ekspositori dalam pembelajaran fisika
Seperti sebelumnya, penulis mengutip secara umum strategi ekspositori yang kemudian menambahkan beberapa langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut. Penulis menjelakan tentang tahapan persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan mengaplikasikan strategi ekspositori tersebut. Pada poin kedua, penulis mengembangkan keunggulan dan kelemahan ekspositori yang dikutip dari satu referensi buku saja.
5.     Hasil Belajar
Pertama-tama penulis menjelaskan pengertian dari hasil belajar berdasarkan Gangne dan menyimpulkan bahwa hasil belajar merupakan pengalaman-pengalaman belajar yang diperoleh siswa dalam bentuk kemampuan-kemampuan tertentu. Kedua, penulis memaparkan tentang tes hasil belajar. Selain itu, penulis juga memaparkan gambaran keluaran hasil beajar strategi TANDUR yang memberikan prestasi belajar.


6.     Penelitian Terdahulu
Disini, penulis memberikan 2 jenis penelitian terdahulu yakni diadakan oleh Aris pada tahun 2010 yang mana hasil pembelajaran TANDUR lebih efisien dan efektif jika pada kelompok yang tidak terlalu banyak (3 – 4 orang). Demikian pula penelitian oleh Eko tahun 2006 yang menyimpulkan bahwa kinerja guru istimewa dan siswa menyatakan menyukai tindakan kelas. Selain itu, hadiah atau lagu-lagu di akhir kegiatan sangat disukai oleh siswa.
B.      Kerangka Pikir
Kerangka pikir berisi tentang hasil belajar kaitanyya dengan pihak yang dirugikan akibat kualitas pembelajaran yang kurang, penerapan strategi ekspositori yang memiliki banyak kelemahan. Selain itu, penulis juga menjelaskan langkah strategi TANDUR sebanyak 6 langkah, padahal sebelumnya penulis memaparkan terdapat 5 strategi saja. Penulis memaparkan bahwa penerapan TANDUR menjadikan siswa lebih termotivasi dan cenderung pengaktifan diri. Penulis juga memberikan diagram kerangka pikirnya.
C.      Hipotesis
Dari tinjauan pustaka dan kerangka pikir maka peneliti mengemukakan hipotesis “Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep lebih besar dengan menggunakan strategi TANDUR daripada strategi ekspositori.”

BAB III  METODE PENELITIAN
A.      Jenis dan Lokasi
1.     Jenis Penelitian
Eksperimen semu (Quasi Experimental Design)
2.     Lokasi Penelitian
Lokasi di SMA Negeri 2 Pangkajene Kab. Pangkep
B.      Variabel dan Desain Penelitian
1.     Variabel Penelitian
a.      Variabel bebas     : strategi pembelajaran tandur dan strategi pembelajaran ekspositori.
b.     Variabel tidak bebas       : hasil belajar fisika
2.     Desain Penelitian
Jenis penelitian kategori eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan posttes (Nonequivalent Control Group Design).
X        O1                                 TANDUR
  -       O2                                 Ekspositori
C.      Devinisi Operasional
Isi dari bagian ini, penulis hanya menuliskan penjelasan tentang definisi konseptual variabel. Devisi konseptual variabel yakni TANDUR dan ekspositori dilanjutkan dengan devinisi operasional ariabel yaitu hasil belajar Fisika.
D.      Populasi dan Sampel Penelitian
Pada bagian ini, penulis menuliskan populasi yang diteliti yaitu seluruh kelas X SMAN 2 Pangkajene, sebanyak 5 kelas dan 120 orang. Sampel dalam penelitiannya ialah kelas X Isaac Newton sebagai kelas eksperimen dan BJ Habibie sebagai kelas kontrol. Dipilih karena sekolah tersebut tidak ada kelas unggulan atau kelas akseleerasi.
E.      Teknik Pengumpulan Data
1.     Instrumen Penelitian
Penulis menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk objektif tes (pilihan ganda) yang terlebih dahulu diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes sebelum digunakan. Penyusunan instrumen tersebut dimulai dari penyusunan kisi-kisi dan penulisan butir soal. Butir soal yang sudah disusun kemudian ditelaah oleh guru fisika SMAN 2 Pangkajene. Dari hasil telaah tersebut, butir soal sebanyak 40 nomor kemudian direvisi, diuji coba dan ditentukan validitas dan reliabilitasnya.
2.     Uji Validitas
Penulis menggunakan persamaan korelasi Point Biserial dalam menguji validitas setiap item soal. Pada bagian ini, juga menuliskan perolehan soal yang valid dan tidak valid.

3.     Reliabilitas
Penulis menggunakan metode Kuder-Richardson 20 (KR20) untuk mengetahui reabilitas tes yang digunakan. Penulis juga mencantumkan tingkat reliabilitass tes yang digunakan.
4.     Tahap-tahap Pelaksanaan Penelitian
Bagian ini, penulis memaparkan 2 tahapan yaiki tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan, penulis melakukan:
-        observasi pada lokasi penelitian
-        mengurus persuratan
-        proses konsultasi dengan pembimbing
-        pembuatan RPP
-        pembuatan instrumen penelitian
Pada tahapan pelaksanaan hal-hal yang dilakukan yaitu konsultasi dengan guru bidang studi dan kepala sekolah mengenai strategi pembelajaran TANDUR serta proses belajar mengajar.
F.       Teknik Analisis Data
1.     Analisis Deskriptif
Pada tahapan ini, penulis menjelaskan fungsi analisis deskriptif yang digunakan serta memberikan kategori hasil belajar menurut Suharsimi A.
2.     Analisis Inferensial
Penulis menggunakan teknik ini untuk mengetahui rata-rata populasi penelitian. Kemudian, penulis memberikan fungsi dan persamaan dalam pengujian hipotesis yaitu:
-        uji normalitas
-        uji homogenitas
-        uji hipotesis





BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.      Hasil Penelitian
1.     Analisis Deskriptif
a.      Kelas Kontrol
Penulis menggambarkan hasil belajar fisika siswa yang ditunjukkan dalam tabel yang berisi skor maksimum, minimum, rata-rata, rentang skor, standar deviasi, dan skor ideal. Kemudian, menginterpretasi hasil yang diperoleh dan menuliskan persentase ketuntasan belajar.
b.     Kelas Eksperimen
Pada bagian ini penulis juga menggambarkan hasil belajar siswa seperti pada bagian kelas kontrol di atas.
c.      Perbandingan Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen
Pada bagian ini, penulis membandingkan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam sebuah grafik dan memberikan penjelasan mengenai grafik tersebut.
2.     Analisis Inferensial
Pada bagian ini, penulis menjelaskan tujuan dan hasil dari pengujian hipotesis baik menggunakan pengujian secara normaltas dan homogenitas kemudian menyimpulaknnya.
d.     Pengujian hipotesis
Pada bagian ini, penulis meyimpulkan bahwa dari pengujian normalitas dan homogenitas kelas kontrol dan eksperimen mempunyai populasi yang normal dan homogen. Kemudian menjelaskan diterimanya atau ditolaknya hipotesis H1. Ternyata hipotesisnya diterima.
B.      Pembahasan
Penulis menjelaskan bahwa strategi pembelajaran perlu. Penulis juga membahas sedikit tentang strategi yang diajukannya. Selanjutnya penulis mulai membahas hasil belajar berdasarkan analisis deskriptif yang telah dilakukannya.
Penulis menjelaskan hasil belajarnya dalam kelompok. Selanjutnya penulis menjelaskan hasil belajar pada kelas eksperimen tentang persentase kelulusan dari nilai KKM. Selanjutnya menyimpulakan dan menghubungkan dengan interval dari yang diberikan.
Penulis menjelaskan tentang hasil perhitungan dasar analisis skor awal untuk mengetahui kemampuan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Penulis menggunakan perhitungan hasil belajar untuk mengetahui hasil dari strategi yang diterapkan dan mengatakan bahwa strategi pembelajaran TANDUR berperan dalam hasil belajar fisika.
Selanjutnya, pulis menjelaskan tentang penerapan TANDUR dari pengamatannya selama meneliti dan mengaitkan motivasi dalam hasil eksperimennya. Kembali penulis menjelaskan proses belajar mengajar yang dilakukannya kemudian meyimpulkan tentang TANDUR dari para ahli yang telah melakukan penelitian sebelumnya.
Penulis memberikan alternatif berupa pembelajaran TANDUR untuk mencapai hasil yang bagus di SMAN 2 Pangkajene.

BAB V  PENUTUP
A.      Simpulan
Penulis menyimpulkan sesuai dengan poin pada tujuan yang dikemukakan sebelumnya.
B.      Saran
Penulis memberikan saran kepada guru pelajaran lain untuk menerapkan strategi TANDUR. Memperhatikan sesuai sifat, karakteristik keilmuannya dalam meningkatkan belajar siswa. Serta untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan perangkat strategi pembelajaran TANDUR.

DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka sesuai dengan yang diterapkan di institusi UNM

LAMPIRAN
Berisi:
-        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
-        Lembar Kerja Siswa (LKS)
-        Instrumen pengambilan data
-        Data skor hasil belajar
-        Analisis statistik deskriptif
Pada akhir lampiran terdapat rancangan biaya penelitian yang terdiri atas:
-        Biaya operasional
-        Biaya Bahan, alat, dan perlengkapan
-        Biaya Laporan hasil penelitian
-        Biaya seminar
Penulis juga melampirkan surat balasan dari Research Grant Pendidikan Fisika dan Student Grant Prodi Fisika sebagai lembaga yang membiayai penelitian tersebut.

No comments:

Post a Comment